Selasa, 03 April 2012

Peranan Administrasi Dalam Pendidikan

Penyelenggaraan Pendidikan bukan usaha yang mudah dan sederhana, baik yang dilaksanakan oleh suatu sekolah tertentu, lebih-lebih lagi pendidikan secara makro yang diselenggarakan oleh departemen P & K. Sistem Pendidikan dan struktur persekolahan kita sekarang sudah sedemikian luas dan kompleknya, sehingga memerlukan pengaturan yang baik dan berkeahlian, agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik, tanpa pemborosan-pemborosan potensi pada unsur-unsur manusia, alat dan keuangan.

Unsur-unsur yang terlibat dalam kegiatan usaha pendidikan ada unur manusia, unsur material, dan unsur-unsur di luar manusia dan material. Unsur manusianya antara lain :

1. Murid / Anak Didik

2. Guru / Pendidik

3. Orang Tua

4. Petugas / Pegawai Lembaga Pendidikan lainnya

5. Anggota-anggota masyarakat yang secara langsung dan tidak langsung berkepentingan dengan masalah-masalah pendidikan

Unsur-unsur material mencakup :

1. Gedung Sekolah

2. Meubiler

3. Buku

4. Alat Pelajaran lainnya

Di luar unsur manusia dan material itu kita berhadapan dengan :

1. Kurikulum

2. Isi / Materi Pelajaran

3. Metode Belajar Mengajar

4. Peraturan / Ketentuan

Semua unsur-unsur itu meruapakan sumber potensi yang haarus diikutsertakan dan di manfaatkan secara efektif dan efisien, untuk mencapai tujuan pendidikan. Semua itu tercakup dalam administrasi.

Seorang administrator pendidikan, apakah ia seorang kepala sekolah, penilik, pengawas, kepela kantor departemen, dan sebagainya. Perlu memiliki pengetahuan tentang semua unsur-unsur yang tercakup dalam administrasi pendidikan, perlu mengetahui fungsi dan potensi setiap unsur itu, dan dapat memanfaatkannya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan sebaik-baiknya.

Pemanfaatan dan pendayagunaan potensi harus pula memperhatikan asas-asas yang berlaku dalam masyarakat dan Negara kita, ialah asas Demokrasi. Administrasi Pendidikan yang tidak dilaksanakan sesuai dengan asas Demokrasi, tidak akan menghasilkan hasil karya yang demokratis dan administrasi yang dijalankan secara demokratis :

1. Penyusunan Policy

2. Perencanaan

3. Pengawasan dan Bimbingan

4. Penilaiannya

5. Akan Meningkatkan pendemokrasian masyarakat

Demokrasi dalam administrasi ditentukan bukan terutama oleh apa yang dilaksanakan tetapi oleh cara melaksanakannya. jadi, lebih tergantung daripada unsur manusia yang melaksanakannya. Dan karena pendayagunaan unsur manusianya terutama tergantung daripada pemimpinnya maka demokrasi dalam administrasi terutama tergantung pada pemimpinnya.

0 komentar:

Posting Komentar

If U have Site U Can Earn
Top pay per click payments. Make money from your website.
dollarsincome.com
Make Money Online
$0.00 Start. Start in 5 mins. $3K per week. Make money from your website.
dollarsincome.com
U Have Website We have Cash
If you have website put our banner on it, make money for each visitor
dollarsincome.com
Make Money when you Sleep
$0 invest - earn $80.00 daily.Online income system that works.
dollarsincome.com
Buy Facebook Fans, Free Fan Exchange, Earn Money Online

Site Search