Rabu, 04 April 2012

Mengenal Ilmu Kalam

Ilmu kalam biasa di sebut dengan beberapa nama, antara lain : ilmu ushuluddin, ilmu tauhid, Fiqh Al-Akbar, dan teologi islam. Disebut Ilmu Ushuluddin karena ilmu ini membahas pokok - pokok agama ( ushuluddin); Disebut ilmu tauhid karena ilmu ini membahas kesaaan Allah S.W.T Di dalamnya dikaji pula tentang asma' (nama-nama) dan af'al ( Perbuatan-perbuatan) Allah Yang wajib, Mustahil, dan Ja'iz, juga sifat yang wajib, mustahil dan ja'iz bagi Rasul - Nya. Ilmu tauhid sendiri sebenarnya membahas keesaan Allah S.W.T. dan Hal - hal yang berkaitan dengan-Nya secara Objektif, ilmu kalam sama dengan ilmu tauhid, tetapi argumentasi ilmu kalam lebih di konsentrasikan pada penguasaan logika . Oleh sebab itu sebagian teolog membedakan antara kalam dan ilmu tauhid.

Abu Hanifah menyebutkan nama ilmu ini dengan Fiqh Al-Akbar. menurut persepsinya. hukum islam yang di kenal dengan istilah Fiqh terbagi atas dua bagian. Pertama, fiqh Al-akbar, membahas keyakinan atau pokok - pokok agama atau ilmu tauhid. kedua fiqh Al-Ashghar, membahas hal-hal yang berkaitan dengan masalah muamalah, bukan pokok-pokok agama, tetapi hanya cabang saja.

Teologi islam merupakan istilah lain dari ilmu kalam, yang diambil dari bahasa inggris, theology. William L. Reese mendefinisikannya dengan discourse or reason concerning god ( diskursus atau pemikiran tentang Tuhan). Dengan mengutip kata - kata William Okcha, Reese lebih jauh mengatakan " Theology to be a disclipine resting on revealed truth and independent of both philosophy and Science."(Teologi merupakan disiplin ilmu yang brbicara tentang kebenaran wahyu serta independensi filsafat dan ilmu pengetahuan ). Sementara itu Gove menyatakan bahwa teologi adalah penjelasan tentang keimanan, perbuatan dan pengalaman agama secara Rasional.


1 komentar:

Saudaraku, aku cuma mengharapkan kebaikan dan perbaikan untuk kamu. Semoga Allah memberi kamu rahmat dan pahala. Terimalah nasihat saya:

1. Tentang Imam Syafi'i 1
2. Tentang Imam Syafi'i 2
3. Tentang Imam Syafi'i 3
4. Tentang Imam Syafi'i 4

Semoga Allah menunjuki kamu dan aku jalan yang lurus. Semoga Allah anugerahkan kesabaran kepada kamu, Saudaraku.

Posting Komentar

If U have Site U Can Earn
Top pay per click payments. Make money from your website.
dollarsincome.com
Make Money Online
$0.00 Start. Start in 5 mins. $3K per week. Make money from your website.
dollarsincome.com
U Have Website We have Cash
If you have website put our banner on it, make money for each visitor
dollarsincome.com
Make Money when you Sleep
$0 invest - earn $80.00 daily.Online income system that works.
dollarsincome.com
Buy Facebook Fans, Free Fan Exchange, Earn Money Online

Site Search