Sabtu, 07 April 2012

Manajemen Lingkungan Fisik Kelas



Faktor Yang Menentukan Pengaturan Fisik

Keadaan fisik kelas mempunyai pengaruh yang besar bagi perkembangan murid. Fisik kelas dapat berdampak positif dan Negatif bagi pembentukan keperibadian anak. Lebih – lebih bila di ingat bahwa anak – anak itu berdiam di dalam kelas selama lima jam setiap hari, selama enam tahun di sekolah dasar. Murid – murid sekolah dasar merupakan anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan baik fisik maupun psikisnya. Oleh sebab itu fisik kelas harus diatur  sebaik – baiknya untuk menunjang pengembangan fisik dan psikis anak.
Pengaturan fisik kelas dapat memotivasi siswa untuk bergerak lebih bebas, bekerja kelompok, mempersiapkan materi belajar dan praktek selama pelajaran secara efektif.
Untuk mengatur fisik kelas yang baik, guru perlu mempertimbangkan banyak hal. Pertama – tama harus mempertimbangkan kepentingan kurikulum. Dalam program kurikulum perlu diushakan agar murid menjadi kreatif, Produktif, dan Interaktif. Hal ini mengakibatkan pengaturan kelas harus member kesempatan bergerak leluasa. Misalnya dalam bidang bahasa Studi Indonesia, mungkin sekali guru ingin mengadakan latihan drama atau lomba baca puisi maka pengaturan ruang kelasnya harus berbeda. Demikian pula bila guru ingin melatih koor atau tarian, maka pengaturan ruang kelasnya pun berbeda pula. Untuk itu semua organisasi kelas harus memberikan kemungkinan terhadap penyelenggaraan segala macam kegiatan kurikuler. Tujuan utama kegiatan kurikuler tersebut yang mempengaruhi pengaturan fisik kelas.
Di samping itu yang mempengaruhi pengaturan fisik kelas tergantung pada falsafah guru kelas yang bersangkutan, apakah dia menerapkan sistem pengajaran langsung atau system pengajaran fasilitatif. Kalau guru yang bersangkutan menggunakan sistem pengajaran langsung, guru menjadi pusat kegiatan.
Dia mengontrol kurikulum, kegiatan murid, dan materi yang di pelajari murid. Akibatnya murid biasanya duduk berhadapan dengan guru. Murid di Atur duduk berderet – deret, dari depan dan belakang. Apabila guru memilih sistem pengajaran fasilitatif, Misalnya seperti cara belajar siswa Aktif (CBSA), Maka tempat duduk murid diatur menjadi kelompok – kelompok, setiap kelompok terdiri atas 5 – 6 Murid. Murid – murid tersebut tidak perlu harus menghadap pada guru. Mereka belajar dan bekerja dalam Kelompok.

0 komentar:

Posting Komentar

If U have Site U Can Earn
Top pay per click payments. Make money from your website.
dollarsincome.com
Make Money Online
$0.00 Start. Start in 5 mins. $3K per week. Make money from your website.
dollarsincome.com
U Have Website We have Cash
If you have website put our banner on it, make money for each visitor
dollarsincome.com
Make Money when you Sleep
$0 invest - earn $80.00 daily.Online income system that works.
dollarsincome.com
Buy Facebook Fans, Free Fan Exchange, Earn Money Online

Site Search