Rabu, 25 April 2012

Empat Penyebab Anak Malas Belajar

Memahami anaksebagai individu yang sedang mengalami tahapan-tahapan dalam perkembangannyadan sebagai pribadi yang unik diperlukan perhatian dan kesabaran yangekstra.Demikian pula ketika kita mendapati anak yang malas untuk belajar.Mengandalkan pemecahan hanya dari guru saja rasanya kurang adil karenasepertiga masa pertumbuhan anak ada dirumah, Sesungguhnya memulai pendidikananak adalah dari rumah kerena itu peran orang tua sangat besar untuk membantusecara langsung kesulitan-kesulitan belajar anak.

  1. Komunikasi tidak efektif

Bagaimana komunikasi kita selama ini dengan anak, sudahkah anakdapat menangkap pesan dari komunikasiyang kita sampaikan ? Komunikasi yang tidak efektif yang berjalan selamabertahun-tahun, pastinya akan berdampak negatif pada pembentukan karakter anak.Padahal salah satu fungsi komunikasi adalah untuk mengenal diri sendiri danorang lain. Bisa dipastikan pola seperti ini akan membuat anak bingung dalammengenali dirinya sendiri dan orang tuanya. "Apasih sebenarnya maunyaayah / ibu ? " Kebingungan inimengakibatkan dalam diri anak tidak tumbuh motivasi kuat untuk berprestasi.
.

  1. Tak terbantahkan'

“Pokoknya kamu harus rangking satu " Orang tua yang tak terbantahkanmembuat anak sulit mengemukakan pendapatnya, bahkan sulit untuk mengetahuipotensi dirinya sendiri, apalagi berharap potensinya keluar karena bertentangan dengan keinginan anak itu sendiri.Kita tidak ingin hal seperti itu kan ?
.

  1. Target tidak pas

Target tidak pas bisa terlalu rendah atau terlalu tinggi darikemampuan anak. Kita tidak boleh memaksakan begitu banyak kegiatan pada seoranganak sehingga mereka menjadi jenuh dan terlalu lelah. Akibat overaktifitasbanyak anak yang kemudian mulai meninggalkan belajar sebagai kegiatan yangpaling utama.Kegiatan keseharian anak harus disesuikan dengan kondisi anak,setelah belajar disekolah anak harus les mata pelajaran, les piano , lesrenang, les gitar dan lain bahkan terkadang dua-tiga les harus anak jalani setiap hari belum lagi harus belajarmalamnya.Berikan anak ruang dan waktu yang cukup untuk mengoptimalkan potesiyang ada dalam dirinya.
.

  1. Aturan dan hukuman yang tidak mendidik

Terlalu ketat dalam rutinitas harian bisa menyebabkan akhirnya anakmalas belajar, namun sebaliknya tanpa membuat rutinitas harian anak tidakterbiasa memiliki jadwal belajar yang harus dipatuhinya. Jalan tenggahnya,rutinitas tidak bisa ditetapkan secara sepihak oleh orang tua, namun diputuskanbersama dengan anak Membuat aturan juga harus diikuti dengan konsekuensi. Jadianak bisa mengerti apa hubungan antara kepatuhan menjalani aturan dengankonsekuensinya, bukan sekedar hukuman yang tidak mendidik. Biarkan anakmenjawab konsekuensinya jika aturan itu sudah dibuat bersana, pasti anak akaningat konsekuensinya, harapannya, kesadaran anak untuk belajar akan tumbuh daridalam diri anak sendiri bukan dipaksakan orang tua.Tidak ada lagi hukuman yangtidak mendidik, karena hukuman akan membuat anak berpikir" Ugh, belajarsangat tidak menyenangkan"

“Semoga bermanfaat”

0 komentar:

Posting Komentar

If U have Site U Can Earn
Top pay per click payments. Make money from your website.
dollarsincome.com
Make Money Online
$0.00 Start. Start in 5 mins. $3K per week. Make money from your website.
dollarsincome.com
U Have Website We have Cash
If you have website put our banner on it, make money for each visitor
dollarsincome.com
Make Money when you Sleep
$0 invest - earn $80.00 daily.Online income system that works.
dollarsincome.com
Buy Facebook Fans, Free Fan Exchange, Earn Money Online

Site Search